Materi Bahasa Inggris Kelas 12 - Narrative Text - Website Edukasi

Materi Bahasa Inggris Kelas 12 - Narrative Text

Materi Bahasa Inggris Kelas 12 - Narrative Text

Materi Bahasa Inggris Kelas 12 - Narrative Text

Kembali kita berjumpa dengan Website edukasi, kali ini kita akan membahas Materi Bahasa Inggris Kelas 12 - Narrative Text, Materi ini diajarkan pada semester 1. Berikut adalah Pengertian Narrative Text.

Narrative Text adalah satu dari 13 jenis teks bahasa inggris (genre) yang lahir dari kalangan Narration seperti halnya Recount Text, Anecdote Text, Spoof Text dan News Items Text yang berfungsi untuk menceritakan kisah masa lampau dan untuk hiburan.

Tujuan Komunikatif Narrative Text

Tujuan Komunikatif Narrative Text seperti yang dijelaskan di atas adalah untuk menghibur pendengar atau pembaca tentang suatu kisah atau cerita masa lampau yang bertalian dengan pengalaman nyata, khayal atau peristiwa-peristiwa pelik yang mengarah ke suatu krisis, yang pada akhirnya menemukan suatu penyelesaian.

Generic Structure Narrative Text

Setiap jenis teks bahasa Inggris (genre) memiliki struktur teks-nya sendiri-sendiri. Struktur dari Narrative Text terdiri dari tiga bagian yaitu :

1. Orientation

 Pada bagian Orientation atau pengenalan berisi tentang pengenalan tokoh dalam cerita serta waktu dan tempat kejadiannya.

2. Complication

Pada bagian Complication berisi tentang gambaran munculnya krisis atau masalah yang di alami oleh tokoh pada cerita tersebut yang harus dipecahkan.

3. Resolution

Pada bagian Resolution berisi tentang bagaiman tokoh dari cerita tersebut memecahkan masalah yang ada pada bagian Complication. Biasanya terdapat lebih dari satu Resolution untuk satu Complication.

Pada beberapa referensi tentang Narrative Text, terdapat tambahan generic structure pada Narrative Text, yaitu penambahan Coda setelah Resoultion. Jadi susunan Narrative text adalah Orientiation, Complication, Resolution dan Coda.

Coda adalah bagian terakhir dari structure Narrative Text yang berisi perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang dapat dipetik dari cerita tersebut.

Ciri Kebahasan Narrative Text

Pada Narrative Text, terdapat beberapa ciri-ciri antara lain sebagai berikut :

Mengunakan Action Verb dalam bentuk Past Tense. Misalnya : Climbed, Turned, Brought, dsb.
Menggunakan Nouns tertentu sebagai kata ganti orang, hewan dan benda tertentu dalam cerita. Misalnya : the king, the queen, dsb.
Menggunakan Adjectives yang membentuk noun phrase. Misalnya : long black hair, two red apples, dsb.
Menggunakan Time Connectives dan Conjunctions untuk mengurutkan kejadian-kejadian. Misalnya : then, before, after, soon, dsb.
Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase untuk menunjukkan lokasi kejadian atau peristiwa. Misalnya : here, in the mountain, happily ever after, dsb.

Demikian penjelasan singkat mengenai Materi Bahasa Inggris Kelas 12 - Narrative Text, semoga pembahasan diatas dapat memudahkan anda dalam belajar bahasa inggris.

Download Materi Bahasa Inggris Kelas 12 - Narrative Text

Belum ada Komentar untuk "Materi Bahasa Inggris Kelas 12 - Narrative Text"

Posting Komentar