Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 - Teks Laporan Hasil Observasi - Website Edukasi

Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 - Teks Laporan Hasil Observasi

Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 - Teks Laporan Hasil Observasi

Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 - Teks Laporan Hasil Observasi

Jumpa lagi bersama kami Website edukasi, dalam kesempatan ini kita akan membahas tentang materi bahasa indonesia kelas X- Teks Laporan Hasil Observasi. Dalam pembahasan ini kita akan belajar mengenal Teks Laporan Hasil Observasi dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

 Pengertian Laporan Hasil Observasi

Observasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengamati suatu objek secara rinci dan detail. Objek yang menjadi bahan untuk observasi berupa benda, bisa juga berupa hal yang abstrak atau sesuatu yang tidak dapat dilihat dengan mata tapi bisa dirasakan keberadaanya. Misalnya fenomena alam, budaya atau kondisi sosial yang terjadi di sekitar kita.

Observasi bisa menjadi sebuah karya tulis jika dikemas dalam bentuk Teks Laporan Hasil Observasi. Pengertian teks laporan hasil observasi sendiri adalah sebuah teks yang memberikan informasi secara umum, rinci dan detail tentang suatu objek berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung. 

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Tujuan utama Teks Laporan Hasil Observasi adalah menyajikan informasi kepada pembaca mengenai sebuah kasus, fenomena atau tragedi berdasarkan fakta yang terjadi.

Teks laporan hasil observasi juga sering dijadikan media untuk mengajak atau berisi himbauan tentang sesuatu yang positif. Misalnya laporan hasil observasi lingkungan yang mengamati tentang kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan. Informasi yang disajikan tentu mengandung ajakan agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat

Simak contoh singkat dibawah ini:

Sampah tidak bisa lepas dari aktivitas manusia. Salah satu jenis sampah yang menimbulkan masalah serius adalah sampah plastik. Seiring meningkatnya jumlah penduduk, penggunaan bahan plastik pun semakin tinggi. Itulah mengapa semakin banyak sampah plastik yang terbuang dan mencemari lingkungan.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS) sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahunnya. Parahnya, sebanyak 3,2 juta ton sampah plastik di antaranya dibuang ke laut. 

Pun begitu, masih ada saja pencemaran yang terjadi akibat sampah. Banyak kelompok masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan. Kebiasaan buruk ini tentu akan berakibat fatal. Tak hanya mencemari lingkungan, sampah juga bisa membahayakan kesehatan.

Jika diamati, sebetulnya, masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk menanggulangi masalah sampah plastik ini. Cara yang paling mudah adalah dengan memisahkan antara sampah organik dan sampah non organik. 

Dengan memisahkan jenisnya, sampah-sampah tersebut sebetulnya masih bisa dimanfaatkan kembali. Misalnya dengan cara mendaur ulang sampah menjadi bahan-bahan yang berguna bagi manusia. 

Dari contoh diatas, dapat dibedakan antara laporan hasil observasi dengan teks biasa. Perbedaannya terletak dari ciri-ciri atau sifat teks laporan hasil observasi sebagai berikut:

Faktual 
Laporan hasil observasi harus disusun berdasarkan fakta atau berdasarkan keadaan sesungguhnya artinya apa yang dilihat atau diamati sesuai dengan yang ada dalam laporan observasi tersebut

Objektif 
Laporan hasil observasi harus berdasarkan pengamatan objek tidak menunjukan pandangan pribadi dari penyusun laporan dan tidak adanya tanda-tanda keberpihakan pada sesuatu hal.

Umum
Topik teks observasi bersifat umum, dimana isi dari laporan adalah sesuatu yang sudah diketahui oleh masyarakat luas.

Spesifik
Hasil pengamatan berfokus pada satu masalah atau pembahasan tanpa adanya tambahan pembahasan yang tidak berkaitan dengan pokok pembahasan.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Agar laporan observasi mudah dibaca dan dimengerti, maka pembahasannya harus disusun dengan struktur berikut:

Definisi Umum
Pembahasan harus memiliki gambaran umum yang membuat informasi tentang objek observasi, waktu observasi, asal usul, lokasi observasi dan informasi umum lainnya.

Misalnya dari contoh laporan hasil observasi di atas, definisi umum terletak pada informasi tentang sampah plastik menimbulkan masalah lingkungan. Penggunaan bahan plastik pada kehidupan manusia menyumbang sampah plastik.

Deskripsi Bagian Atau Isi
Berisi inti dari hasil observasi yang dilakukan, dapat berupa klasifikasi yang bersifat teknis dan deskripsi yang menjelaskan masalah secara lebih spesifik. Misalnya, jika kamu melakukan observasi tentang pencemaran sampah plastik, kamu bisa menunjukkan data yang lebih spesifik.

Kamu bisa menggambarkan tampilan plastik yang mencemari lingkungan, zat-zat yang terurai, seperti apa tingkat pencemarannya, siap yang terdampak, jenis yang paling banyak ditemukan, bahkan menunjukkan produsen pembuat plastik yang menimbulkan masalah pencemaran lingkungan.

Deskripsi Manfaat
Bagian ini juga berfungsi sebagai penutup laporan. Penulis bisa menjelaskan tentang manfaat dari laporan yang dikerjakan, misalnya sebagai masukan kepada pemerintah atau dinas terkait agar segera mengatasi masalah yang terjadi. Atau bagaimana cara pemanfaatan sampah agar menjadi benda yang berguna bagi manusia.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi berupa definisi umum, isi dan bagian manfaat laporan.
Dari semua uraian di atas teks laporan hasil observasi memiliki ciri-ciri yang dapat membedakannya dengan jenis teks lainya. Ciri-ciri teks laporan hasil observasi adalah sebagai berikut:
  • Berisi pembahasan berupa ilmu tentang satu objek.
  • Membahas objek yang bersifat umum.
  • Bertujuan menjelaskan dari sudut pandang ilmu.
  • Membahas objek secara sistematis dan terstruktur yang merinci setiap bagian dengan objektif.
Setelah selesai mempelajari materi diatas, saatnya mengasah kemampuan dengan mengerjakan contoh soal Teks Laporan Hasil Observasi. Contoh soal ini berjumlah 40 soal pilihan ganda dilengkapi dengan kunci jawaban.

Berikut ini adalah Contoh soal Teks Laporan Hasil Observasi

1. Suatu teks yang di dalamnya memuat klasifikasi mengenai jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu disebut?
A. Teks eksposisi
B. Teks anekdot
C. Teks laporan hasil observasi
D. Teks prosedur kompleks
E. Teks negosiasi

2. Perbedaan yang paling menonjol antara teks deskripsi dan teks laporan hasil observasi adalah...
A. Teks laporan bersifat global dan universal, sedangkan teks deskripsi bersifat unik dan individual.
B. Teks laporan bersifat individual, sedangkan teks deskripsi bersifat global.
C. Teks laporan diawali dengan penjelasan suatu objek, sedangkan teks deskripsi diawali dengan membuat klasifikasi.
D. Teks laporan berisi uraian bentuk, ciri, dan keadaan, sedangkan teks deskripsi berisi pengelompokan berbagai hal.
E. Teks laporan berkaitan dengan hubungan antara keseluruhan dan bagian-bagiannya, sedangkan teks deskripsi berkaitan dengan hubungan berjenjang antara sebuah kelas dan subkelas.

3. Kalimat berikut yang mengandung verba aktif adalah...
A. Sebelum penelitian, Anita mengklasifikasikan objek yang akan ia teliti.
B. Anggia terpilih sebagai ketua kelas di sekolahnya.
C. Buah-buah yang sudah mulai membusuk disisihkan dan dibuang oleh para penjual.
D. Anak-anak kelas X TKJ dinasihati oleh bu Rizi karena mereka tidak memperhatikan pada saat pelajaran.
E. Pemenang lomba bulan bahasa tahun ini banyak diraih oleh anak kelas XII AK.

4. Cermatilah dengan saksama paragraf berikut.
Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia. UNESCO, lembaga yang membawahi kebudayaan dari PBB, pada 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor dari Indonesia, sebuah warisan mahakarya dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of oral and Intangble Kertige of Humanity).
Kutipan di atas merupakan struktur teks laporan hasil observasi pada bagian....
A. Argumentasi
B. Deskripsi Bagian
C. Pernyataan Umum
D. Rekomendasi
E. Deskripsi Manfaat

5. Cermatilah kutipan berikut dengan saksama.
Perkembangan terbaru dunia perwayangan menghasilkan kreasi berupa wayang suket. Disebut wayang suket karena wayang yang digunakan terbuat dari rumput yang dibentuk menyerupai wayang kulit. Wayang suket merupakan tiruan dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput (bahasa Jawa: suket) Wayang suket biasanya dibuat sebagai alat permainan atau penyampaian cerita pewayangan kepada anak-anak di desa-desa Jawa.
Dalam struktur teks hasil observasi, kutipan di atas merupakan bagian....
A. Pernyataan Umum
B. Deskripsi Bagian
C. Argumentasi
D. Rekomendasi
E. Deskripsi Manfaat

6. Cermatilah kalimat berikut.
Seni pertunjukan yang telah diterapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia.
Frasa nomina dalam kalimat di atas adalah...
A. seni pertunjukan - telah diterapkan
B. seni pertunjukan - Indonesia
C. seni pertunjukan - warisan budaya
D. telah diterapkan - budaya
E. telah diterapkan - asli Indonesia

7. Kalimat di bawah ini yang merupkan kalimat simplek adalah....
A. Kelelawar aktif pada malam hari, tetapi tidur pada siang hari.
B. Keberadaan D'topeng tidak dapat dipisahkan dengan Museum Angkut.
C. Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan spesifik kering di Pulau Jawa.
D. Mereka dikenal sangat taat mempertahankan adat istiadat dan warisan nenek moyangnya
E. Untuk bepergian ke mana pun, termasuk ke desa terdekat, mereka harus berangkat secara berkelompok.

8. Bacalah dengan saksama kutipan berikut.
(1) Merpati dan dara adalah burung yang berbadan gempal dengan leher pendek, paruh ramping pendek, dan cere berair. 
(2) Merpati dan dara pada umumnya membentuk sarngnya dari ranting-ranting yang ditempatkan di pepohonan. 
(3) Merpati dan dara mengerami satu atau dua telurnya dan selalu menjaga anak-anaknya dengan ketat sebelum mereka dapat mencari makan sendiri. 
(4) Anak dan merpati dan dara akan meninggalkan sarangnya jika telah berusia 7 - 28 hari. 
(5) Merpati dan dara adalah burung pemakan biji-bijian.
Yang merupakan gagasan pokok dalam teks di atas adalah kalimat nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

9. Bacalah dengan seksama kutipan berikut.
(1) Merpati dan dara adalah burung yang berbadan gempal dengan leher pendek, paruh ramping pendek, dan cere berair. 
(2) Merpati dan dara pada umumnya membentuk sarngnya dari ranting-ranting yang ditempatkan di pepohonan. 
(3) Merpati dan dara mengerami satu atau dua telurnya dan selalu menjaga anak-anaknya dengan ketat sebelum mereka dapat mencari makan sendiri. 
(4) Anak dan merpati dan dara akan meninggalkan sarangnya jika telah berusia 7 - 28 hari. 
(5) Merpati dan dara adalah burung pemakan biji-bijian.
Gagasan penjelas kutipan teks di atas adalah kaliomat nomor....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (3)
D. (1) dan (4)
E. (2) dan (3)

10. Bacalah dengan cermat kutipam berikut.
Makhluk di Bumi Ini
Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya.Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari. Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.
Pernyataan umum pada teks di atas yaitu...
A. Berupa deskripsi tentang pengelompokan dunia.
B. Berupa definisi tentang pengelompokan benda di dunia.
C. Berupa definisi tentang benda hidup dan benda mati.
D. Berupa deskripsi tentang benda hidup dan benda mati.
E. Berupa deskripsi tentang benda hidup di dunia.

Selengkapnya anda dapat unduh contoh sooal materi Teks Laporan Hasil Observasi ini melalui tautan berikut ini:

Demikian Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 - Teks Laporan Hasil Observasi yang dapat kami sampaikan, semoga pembahasan singkat beserta contoh soal Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 - Teks Laporan Hasil Observasi ini dapat bermanfaat bagi anda.

Download Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 - Teks Laporan Hasil Observasi

Belum ada Komentar untuk "Materi Bahasa Indonesia Kelas 10 - Teks Laporan Hasil Observasi"

Posting Komentar