Soal Essay Informatika Kelas XI semester 1 Kurikulum 2013 Algoritma & Pemrograman Part 2 - Website Edukasi

Soal Essay Informatika Kelas XI semester 1 Kurikulum 2013 Algoritma & Pemrograman Part 2

Soal Essay Informatika Kelas XI semester 1  Kurikulum 2013  Algoritma & Pemrograman Part 2

Soal Essay Informatika Kelas XI semester 1  Kurikulum 2013  Algoritma & Pemrograman Part 2

Soal Essay Informatika Kelas XI semester 1 Kurikulum 2013 Algoritma & Pemrograman edisi revisi SMA/MA ini berisikan materi yang sama dengan soal PG informatika kelas 11 tentang algoritma, yaitu Algoritma dan Pemrograman yang diambil dari Bab 4.
Soal Essay ini nantinya dapat dijadikan panduan belajar dalam menghadapi UAS PAS.

Berikut adalah Soal Essay Informatika Kelas XI semester 1 Kurikulum 2013 Algoritma & Pemrograman edisi revisi lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay Informatika Kelas XI semester 1  Kurikulum 2013  Algoritma & Pemrograman Part 2

21. Jabarkan hubungan antara Konteks layanan pelanggan dengan AI!
Jawaban: Jadi, dapat dibayangkan jika pengunjung melayangkan pertanyaan via email, lalu AI bisa mengenalinya dan segera membalas. Bukan hanya soal responvitas saja, tetapi juga menekan kebutuhan staf layanan pelanggan yang berakibat pada turunnya biaya karyawan. Dengan demikian, AI bertugas menganalisis kata-kata yang digunakan sudah memberikan jawaban yang relevan . Implementasinya tidak selalu mulus, terutama bahasa manusia yang selalu kompleks. Untuk mengatasinya, bisnis mengombinasikan antara AI dengan sifat manusia di belakangnya, yang bertugas melanjutkan percakapan pasca AI. Dan lagi-lagi disinilah AI berperan, untuk menilai respons pengunjung, membuat keputusan apakah perlu mengopernya pada staf, dan mempertimbangkan siapakah staf yang paling relevan.

22. Sebutkan persyaratan hardware yang dibutuhkan dalam Microsoft Visual Studio!
Jawaban: Beierapa persyaratan hardware yang dibutuhkan dalam Microsoft Visual Studio, antara lain kecepatan harddisk 5400 RPM, kecepatan prosessor minimal 1.6 GHz, membutuhkan ruang harddisk 4 GB, memory minimal 1 GB dan jika berjalan di mesin virtual menggunakan RAM 1.5 GB, serta resolusi 1024 x 768 piksel atau di atasnya.

23. Sebutkan yang diberikan pada pengujian Acting humanly yang dilakukan Alan Turing?
Jawaban: Turing’s Test

24. Dua bahasa pemrograman utama yang menggunakan istilah fungsi (function)?
Jawaban:  C++ dan java

25. Bagaimanakah keuntungan Proses Counting Sort?
Jawaban: Proses Counting Sort ini terbilang efisien dan efektif serta prosesnya tidak memakan waktu lama

26. Uraikan yang Anda ketahui tentang difinisi kecerdasan buatan (artificial intelligence) menurut Simon (1987)!
Jawaban: Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi lain dan intruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia asalah cerdas.

27. Mengapa sistem AI dapat berperilaku seperti manusia (Acting Humanly)?
Jawaban: Acting humanly adalah sistem yang melakukan pendekatan dengan merupakan tingkah laku seperti manusia. Hal ini berawal pada tahun 1950, Alan Turing merancang sebuah ujian untuk mengetahui sebuah mesin dapat berperilaku sebagai manusia. Pengujian ini kemudian dinamakan Tes Turing (Turing’s Test) dengan cara kerja pengujian melalui teletype yaitu jika penguji (integrator) tidak dapat membedakan yang mengintrogasikan antara manusia dan komputer, maka komputer tersebut dikatakan lolos (menjadi kecerdasan buatan). Pada Total Turing;s Test pengujian mencakup hal-hal sebgai berikut.
a. Kemampuan untuk menangkap sinyal video, tidak hanya berupa teks
b. Mengidentifikasikan objek (computer vision) dan bergerak (robotic)
c. Berkomunikasi menggunakan bahasa tertentu (Natural Language Processing atau NLP)
Kemampuan lainnya, yaitu menyimpan informasi yang ada, sebelum atau pada saat sesi tanya Jawaban (knowledge representation), menggunakan informasi yang disimpan tadi untuk menjawab pertanyaan dan menarik kesimpulan (automated reasoning) serta dapat beradaptasi dengan kondisi atau lingkungan yang baru juga mampu mengeksplorasi pola-pola yang ada.

28. Jelaskan yang Anda ketahui tentang sejarah kecerdasan buatan?
Jawaban:Berbagai literatur mengenal kecerdasan buatan menyebutkan bahwa ide mengenai kecerdasan buatan diawali pada awal Abad 17 ketika Rene Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Kemudian, Blaise Pascal yang menciptakan mesin pnghitung digital mekanis pertama pada 1642. Selanjutnya pada abad 19, Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada mesin penghitung mekanis yang dapat deprogram. Perkembangan terus berlanjut, Bertrand Rusell dan Alfred North Whitehed menerbitkan Principia Mathematica yang merombak logika formal. Warren McCulloch dan Wallter Pitts menerbitkan “Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas” pada 1943 yang meletakkan pondasi awal untuk jaringan syaraf. Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam Al. Program Al pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK), dimana sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah kecerdasan buatan pada konferensi pertama pada tahun 1956. Selain itu, dia juga menemukan bahasa pemrograman LISP. Alan Turing memperkenalkan “Turning Test” sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian. Selama tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan syaraf sederhana dan Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi pengetahuan dan inferensi dalam diagnose dan terapi medis yang diyakini sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan yang memiliki rintangan secara mandiri.

29. Mengapa sistem AI dapat berpikir seperti manusia (Thinking Humanly)?
Jawaban: Thinking Humanly sebagai sistem yang dilakukan dengan cara intropeksi berupa penangkapan pemikiran psikologi manusia pada komputer. Hal ini sering diujikan dengan neuron ke neuron lainnya atau sel otak dengan sel otak lainnya cara pembelajarannya yaitu melalui experiment-experiment. Komputer atau mesin dapat berpikir seperti manusia. Proses berpikir manusia umumnya melewati 2 tahap, pertama dengan cara mencoba untuk menangkap pemahaman atas dirinya sendiri (introspection) serta melalui pengalaman-pengalaman psikologi ketika melalui peristiwa tersebut (pshycological experiment). Di awal tahun 1955 hingga 1965 muncul antusiasme yang sangat tingi terhadap AI dari kalangan peneliti yang kemudian melahirkan GPS (General Problem Solver). GPS merupakan teori bagaimana manusia dapat memecahkan permasalahan dalam bentuk simulasi. GPS ditemukan oleh Newell dan Simon. Pada CPS, program yang diuji tidak terlalu menekankan pada apakah pemecahan masalah yang dilakukan sudah benar namun lebih melihat pada langkah-langkah penalaran yang diambil.

30. Uraikan yang Anda ketahui tentang definisi kecerdasan buatan (artificial intellegience) menurut Rich and Knight (1991)!
Jawaban: Definisi kecerdasan buatan (artificial intelligence) menurut Rich and Knight (1991) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.

31. Sebutkan dua keuntungan yang dimiliki teknik pemrograman modular!
Jawaban: Teknik pemrograman modular (procedure dan function) modularisasi memberikan dua keuntungan yaitu aktivitas yang harus dilakukan lebih dari satu kali sehingga modularisasi dapat menghindari penulisan teks program yang sama berulang kali, serta adanya kemudahan dalam menulis dan menemukan kesalahan (dubug) program.

32. Terangkan pengertian Standard Library Function!
Jawaban: Standard Library Function, yaitu fungsi yang telah disediakan oleh bahasa C/C+ dalam file-file header atau library-nya, misalnya clrscr(). Adapun untuk function harus mendeklarasikan terlebih dahulu library yang digunakan, misalnya #include .

33. Uraikan perbedaan mendasar antara Nama_fungsi dengan argumen!
Jawaban: Nama_fungsi boleh dituliskan bebas dengan ketentuan tidak menggunakan spasi dan nama-nama fungsi yang memiliki arti sendiri. Adapun, argument diletakan di antara tanda kurung yang terletak di belakang nama fungsi. Argument boleh diisi dengan data atau dibiarkan kosong.

34. Tuliskan Kemajuan intelligensi bautan (AI) di masa sekarang!
Jawaban: Kemanjuan intelligensi buatan (AI) sangat mengejutkan, dimana upaya memajukan konsep AI selama 20 tahun terakhir telah menghasilkan beberapa inovasi yang benar-benar menakjubkan.BigData, penelitian medis, dan kendaraan otonom hanyalah beberapa aplikasi luar biasa yang muncul dari pembagian AI. Untuk memahami beberapa konsep yang lebih dalam, seperti penambangan data, pemrosesan bahasa alami, dan perangkat lunak pengendaraan perlu mengetahui tiga konsep dasar intelligensi buatan, yaitu machine learning, deep learning, dan neural networks. Sementara inteligensi buatan dan machine learning mungkin tampak seperti istilah yang dapat dipertukarkan, AI biasanya dianggap sebagai istilah yang lebih luas, dengan machine learning dan dua konsep AI lainnya sebagai bagian dari itu.

35. Bagaimanakah definisi kecerdasan buatan menurut Minsky?
Jawaban: Kecerdasan buatan adalah salah stau ilmu yang mempelajari cara membuat komputer melakukan atau memproduksi tindakan sama seperti yang dilakukan manusia.

Download Soal Essay Informatika Kelas XI semester 1 Kurikulum 2013 Algoritma & Pemrograman Part 2

Belum ada Komentar untuk "Soal Essay Informatika Kelas XI semester 1 Kurikulum 2013 Algoritma & Pemrograman Part 2"

Posting Komentar