Istilah Grammar yang Perlu Anda Ketahui - Website Edukasi

Istilah Grammar yang Perlu Anda Ketahui

Istilah Grammar yang Perlu Anda Ketahui

Istilah Grammar yang Perlu Anda Ketahui

English Blogger - Siswa yang pertama kali ikut kelas bahasa Inggris bisa jadi merasa kewalahan dengan seluruh istilah “teknis” yang digunakan para guru.

Guru mungkin bertanya “Kata sifat mana yang paling menerangkan kata benda ini?” Atau mereka memberi instruksi dengan berkata, “Gunakan bentuk dasar setelah kata kerja modal.”

Kata sifat? Kata benda? Kata kerja dasar? Istilah-istilah grammar ini mungkin awalnya membingungkan. Namun sesungguhnya, istilah ini berperan penting dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan menulis karena istilah membentuk adanya struktur.

Berikut adalah beberapa petunjuk mengenai istilah grammar yang harus selalu diingat.

Parts of speech

BAHASA INGGRIS MEMILIKI DELAPAN PART OF SPEECH, TETAPI TIGA YANG HARUS DIINGAT ADALAH: KATA BENDA, KATA SIFAT DAN KATA KERJA.

Setiap nama orang, benda, atau objek merupakan kata benda  (noun), seperti ilmuwan, sepupu, desa, universitas, sayuran, dan jaket just name a few. Kata benda abstrak  (abstract noun) adalah ide-ide dan gagasan yang tidak bisa disentuh seperti kebahagiaan, demokrasi, dan kebijaksanaan.

Kata sifat (adjective) adalah kata yang menerangkan kata benda dan memberikan informasi tambahan tentang orang, tempat, atau benda, seperti berwarna, keras, manis, membingungkan, tenang, merah, lembut, dst.

Kata kerja (verb) adalah kata yang menyatakan tindakan, menerangkan hal yang kita lakukan termasuk berbicara, berlari, berdiskusi, berolahraga, berkonsentrasi, memahami, dan masih banyak lagi.

Verb forms

KATA KERJA BAHASA INGGRIS DAPAT MENGGUNAKAN TIGA BENTUK DASAR: BASE FORM, PAST FORM, DAN PAST PARTICIPLE.

Base form, terkadang disebut kata kerja dasar, infinitif, atau bentuk kata kerja pertama, adalah kata kerja asal, seperti have, do, be, eat, write, drive, dst… Bentuk asal ini biasanya mengikuti kata “to” dalam kalimat (I want to go home). Kata kerja dasar ini juga akan muncul setelah kata kerja modal (She can be difficult to understand).

Past form, atau bentuk kata kerja kedua, digunakan saat menerangkan peristiwa yang terjadi di masa lampau. Bentuk lampau dari kata kerja dasar beraturan memiliki akhiran -ed or -d (I watched a movie yesterday), Namun, bentuk lampau dari kata kerja lampau tidak beraturan agak sedikit berbeda (He ate the entire pizza).

Past participle, atau bentuk kata kerja ketiga, digunakan untuk verb tense yang lebih kompleks, termasuk present perfect (I have never been to Bali) dan kalimat pasif (He was taken to the hospital).

To Be

KATA KERJA TO BE TERDIRI DARI TIGA BENTUK YANG BERBEDA – AM, IS, ARE – DAN SERINGKALI INI MEMBINGUNGKAN KARENA TIDAK MEMILIKI PADANAN LANGSUNG DALAM BAHASA INDONESIA.

Menurut Dictionary.com, kata kerja To Be menerangkan “keadaan”, yang berarti digunakan untuk menerangkan keadaan suatu objek dan orang (the box is empty, I am happy), atribut benda atau orang tersebut (that is a computer, they are lawyers) dan hal apa yang sedang dilakukan (we are working, she is thinking).

Kata kerja To Be diikuti dengan kata sifat (I am tired), kata benda (he is a teacher) atau kata kerja berakhiran -ing (they are swimming).

Namun, jangan pernah gabungkan kata kerja To Be dengan kata kerja dasar lain: I am read. / We are study.

Download Istilah Grammar yang Perlu Anda Ketahui

Belum ada Komentar untuk "Istilah Grammar yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar